Belajar MEMBUATAN SIMULINK FILTER HARMONISA TREE-PHASE DENGAN MATLAB R2009a

PEMBUATAN SIMULINK FILTER HARMONISA TREE-PHASE DENGAN MATLAB R2009a

Timbulnya harmonisa pada sistem tenaga listrik salah satunya disebabkan oleh adanya alat-alat yang mempunyai impedansi tidak linier. Contoh alat-alat yang mempunyai impedansi tidak linier adalah sebagai berikut:

  1. Penyearah (Rectifier).
  2. Inverter, pengubah arus searah menjadi arus bolak-balik.
  3. Pengubah frekuensi (Frequency Converteer) untuk mengatur putaranmotor listrik.
  4. Tungku busur listrik.
  5. Lampu dengan pelepasan gas (Gas Discharge Lamp).

Banyaknya aplikasi beban nonlinier pada sistem tenaga listrik telah membuat arus sistem menjadi sangat terdistorsi dengan persentase kandungan harmonisa arus, THD (total harmonic distortion) yang sangat tinggi. Umumnya arus sistem tenaga listrik yang terdistorsi tersebut didominasi oleh arus harmonisa orde ganjil frekuensi rendah, yakni arus harmonisa orde lima, tujuh, sebelas, dan seterusnya, yang magnitud arus harmonisanya berbanding terbalik dengan orde harmonisanya. Tingginya persentase kandungan harmonisa arus (THD) pada suatu sistem tenaga listrik dapat menyebabkan timbulnya beberapa persoalan harmonisa yang serius pada sistem tersebut dan lingkungannya, seperti terjadinya resonansi pada sistem yang merusak kapasitor kompensasi faktor daya, membuat faktor daya sistem menjadi lebih buruk, menimbulkan interferensi terhadap sistem telekomunikasi, meningkatkan rugi-rugi sistem, menimbulkan berbagai macam kerusakan pada peralatan listrik yang sensitif, yang kesemuanya menyebabkan penggunaan energi listrik menjadi tidak efektif

Dengan melakukan analisis yang mendalam pada pengaruh frekuensi harmonik jaringan listrik terhadap beban, diharapkan dapat dicarikan solusi yang tepat untuk menanggulangi frekuensi harmonik tersebut.  Pengujian rancangan dilakukan dengan menggunakan program simulasi pada base program MATLAB

Langkah-langkah:

1 Aktifkan/Jalankan Aplikasi MATLAB R2009a

2 Pilih Menu File – New –Model, kemudian Klik double

1 File

3 Muncul Window Model yang digunakan untuk mendesain SIMULINK FILTER HARMONISATREE-PHASE

Model

4 Pada Model kita bisa mulai mencari bagian Simulink yang akan kita rangkai pada Library Browser

2 library browser

 

5 LibBrowser

5 Aktifkan juga Power Systems  dengan cara Pilih Menu Start pada MATLAB – Simulink – SimPowerSystems-Block Library kemudian Klik Double.

4 PowerSystems

6 Rangkai Komponen Power System Pilih Electronic Source untuk memberikan/memilih Voltage yang digunakan dan dengan meng-Drag komponen yang dipilih di taruh pada Window Model.

6 SimPowerSystems

 

7 electrical S

7 Untuk membuat analisis gunakan powerGUI dan link antar komponen dengan perhitungan gunakan Tree Phase V-I Measurement pada Model.

9 measurn

8 Rangkaian Simulink Filter Harmonisa Tree Phase

8

9 Jalankan Simulink Model , Pilih Icon Start Simulation – Klick Double

12 start simu

10 Untuk menganalisis atau pada AnalysisTools Hasil Klik PowerGUI, maka muncul menu Simulink_HarmonicFilter Tree_Phase. Dana lakukan analisis dengan Pilih FFT Analysis

10 analis11 tools analysis

 

Pada dasarnya, gelombang tegangan dan arus yang ditransmisikan dan didistribusikan dari sumber ke beban berupa gelombang sinusoidal murni. Total Harmonic Distortion (THD) menyatakan besarnya distorsi yang ditimbulkan oleh semua komponen harmonik. Tingkat distorsi arus dapat dilihat dari nilai THD, namun hal tersebut dapat saja salah saat diinterpretasikan. Aliran arus yang kecil dapat memiliki nilai THD yang tinggi namun tidak menjadi ancaman yang dapat merusak sistem. Beberapa analisis mencoba untuk menghindari kesulitan seperti ini dengan melihat THD pada arus beban puncak frekuensi dasar dan bukan melihat sampel sesaat pada frekuensi dasar. Hal ini disebut total demand distortion atau distorsi permintaan total (TDD). data yang diambil ini meliputi data THD baik tegangan maupun tegangan (V), arus (I),daya nyata (P), daya reaktif (Q), daya kompleks (S),komponen harmonisa, faktor daya (PF) serta data teknis lain yang dapat membantu perancangan sistem, selain data pengukuran, data yang harus didapat adalah data single line diagram dari sistem kelistrikan.

#semangatmencoba

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s