ABSTRAK
LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA INTERAKTIF MODEL E-LEARNING (ELECTRONIC LERNING) <download…>
Muhammad Jazilun Ni’am, Eka Yemi Nurcandra, Ahlis Widiyanto
Dosen Pembimbing: Riza Arifudin, S.Pd.
Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang Kota Semarang
Lembar kerja siswa (LKS) merupakan salah satu perangkat pembelajaran matematika yang cukup penting dan diharapkan mampu membantu peserta didik menumukan serta mengembangkan konsep matematika. Perkembangan teknologi begitu cepat khusunya komputer dan internet. Di era global internet menjadi salah satu alternatif pembelajaran tanpa melihat waktu dan tempat.
Memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang perlu dimiliki oleh peserta didik adalah salah satu tujuan penggunaan LKS dalam proses pembelajaran. Model LKS berstruktur mampu mengantarkan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran dengan atau tanpa bantuan pembimbing, tetapi bukan berarti guru digantikan melainkan guru sebagai pengawas dan motivator. Internet menjadi alternatif model pembelajaran yang sedang dikembangkan. Pembelajran melalui internet tanpa mengenal waktu dan tempat akan mempercepat dan mempersingkat transfer ilmu pengetahuan.
Penulisan karya tulis ini menggunkan pendekatan studi deskriptif. Data diperoleh melalui studi pustaka dan dokumentasi pendapat para ahli yang mendukung. Data tersebut direduksi, dianalisis serta diinterpretasikan untuk memperoleh jawaban dari permasalahan.
Model LKS matematika interaktif berbasis web, isi materi pembelajran yang dikembangkan berupa pertanyaan-pertanyaan yang digunakan untuk mengarahkan peserta didik supaya mampu menemukan konsep maupun rumus dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Hal ini sangat berbeda dengan LKS konvensional yang beredar di sekolah-sekolah, LKS tersebut lebih menekankan pada aspek latihan soal.
Teknologi selalu berkembang setiap hari, agar penddikan di Indonesia tidak tertinggal jauh perlu adanya pengembangan media maupun model pembelajaran. Model dan media hendaknya menggunakan teknologi yang terus berkembang. Konsep pengenalan dan pengembangan LKS matematika interaktif di dunia pendidikan dapat melalui pengenalan di sekolah-sekolah, pelatihan dan seminar, serta melalui penelitian lebih lanjut.
Kata Kunci: lembar kerja siswa (LKS), interaktif, e-learning, website.
13 Komentar
Comments RSS TrackBack Identifier URI
Apakah LKS yang dimaksud dapat di gunakan disetiap saat? sehingga siswa dapat berlatih di mana saja yang penting ada internetnya?…..
Dalam hal ini, tolong lebih ditekankan atau diutamakan masalah pembelajaran matematikanya. Minimal dengan menampilkan gambar-gambar tentang matematika pada awal web (home) yang bisa menarik perhatian siswa sehingga lebih tertarik mencoba lebih lanjut dan belajar.
e-learning bagus diterapkan baik untuk anak menengah pertama ataupun atas yang tersedia fasillitas secara lengkap. Tapi jangan lupakan bagi anak-anak yang gaptek dan kurang fasilitas. OK…!!!
Ass
aku tertarik bgt ma idenya tentang LKS ini,
kalo q lanjutin penelitiannya gpp kan
aq rencananya mo liat tentang pengaruhnya dgn hasil belajar
sebagai skripsiQ
udah pernah blum y
Was
Tanx
*~> Ga apa, karya ilmiah ini bisa dikembangkan. walau kemarin ini pengembangan dari sekripsi saya juga…tapi tidakmasalah yang penting untuk karya ilmiah atau skripsi…makasih kalau mau lebih mengembangkannya…
Ass
aku dah buka LKSnya tapi g bisa di download y
kalo boleh aq minta donk!!!
….> wass, artikelnya atau files animasiny…?
kalau artikel bisa ko’, ya kalau animasinya bisa didownload dg flassget atau flashcapture.
kalau ga’bisa lewat e-mail
Ass
Kalo artikel na alhamdulillah dah punya (tanx bwt yg ini)
n yang animasinya yg g bs didownload kalo boleh please send lwt email ja y
tanx b4
wah, makin tak terikuti bung ini. makin hebat. salam….
lis piye kabare. wingi kowe ora melu ngopo
Oke lah… seep…!! 🙂 🙂
Terimakasih kepada Muhammad Jazilun Ni’am, Eka Yemi Nurcandra, Ahlis Widiyanto yang telah membuat karya ilmiah ini. Minta izin juga ya untuk menjadi referensi di tugas saya. hehe. walaupun saya kuliah di pendidikan sejarah :p
Ok sama” yang penting bisa dikembangkan n bermanfaat untuk pendidikan…nuwun
I have to agree with your statement with this issue and bdgcecdgeeck
Say, you got a nice blog post. Really Cool. aaeaefgdkdkd