PowerPoint “rasa” VisualBasic

powerpoint rasa vb

Oleh: Ahlis Widiyanto, S. Pd

SISI LAIN DARI POWERPOINT

Apa saja yang akan di kupas pada Powerpoint:

v  Pengenalan Developer Tab pada powerpoint.

v  Pengaktivan VBA di Powerpoint2010

v  Sampel pembuatan media menggunakan VBA di Powerpoint2010

Sekarang perkembangan software atau perangkat lunak sebut saja aplikasi yang terdapat di Operating System baik Windows maupun Linux  hampir setiap tahun, setiap bulan, dan bahkan setiap hari selalu ada perkembangan atau update untuk penyempurnaan penggunaan fasilitas software baik dari sisi  Interface, Menu, Tools dan fasilitas lainya, sehingga para user/  pemakai akan semakin nyaman dalam penggunaan dan sesuai dengan kebutuhan. Ketergantungan alat bantu seperti komputer tentunya hampir disetiap bidang menggunakannya untuk membantu dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaannya, bahkan ada yang 100% dalam aktifitas kerjanya menggunakan perangkat komputer.

Kita disini akan sedikit tukar pengetahuan tentang pengembangan dalam pemanfaatan Powerpoint 2010, karena saya yakin kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi di Microsoft Office pada windows dalam pembelajaran juga banyak sekali di gunakan sebagai media presentasi pembelajaran oleh Guru, atau mempresentasikan tugas hasil penelitian, dan sebagainya. Walaupun kita tahu bahwa aplikasi pembuat media juga sangat banyak seperti Macromedia Flash, SwishMax, Swif3D, Impress, Adobe PreziDesktop, dan masih banyak lagi tinggal kita mau mengikuti terus atau kita cukup menggunakan satu secara maksimal dalam pemanfaatannya.

Ditulisan ini akan saya perkenalkan sedikit tentang sisi lain di powerpoint yang masih sangat sedikit pemanfaatnya padahal bila kita menguasai secara mendetail akan sangat membantu dalam pembuatan media presentasi. Tapi memang butuh pemahaman tentang algorithmic script pengkodean dalam membangun sebuah program aplikasi, wah kita akan bermain sebagai Programmer. Karena kita sebagai pemula tentunya akan dibahas script yang sangat sederhana atau pemrograman dasar, boleh juga kalo tertarik dengan pemrograman tentusaja bisa mempelajarinya di pemrograman lanjut. Bahasa pemrograman juga sangat banyak seperti jenis listing script Data Base bahasa  TurboPascal, FreePascal lebih lanjut ke Delphi, kemudian bahasa C, C+, C++ lebih lanjut ke Visual Basic, dan FoxPro ada juga untuk membangun listing script web yaitu HTML, JavaScript, ASP.Net (Active Server Page), PHP MySQL, dll aplikasi di Windows Sedangkan di linux seperti halnya Oracle, dll. Yah semakin banyak juga yang ngga kenal. Untuk itu selama ini kita hanya penggila tekhnologi alias User alias pengguna sampai-sampai ketergantungan peggila tekhnologi atau sebaliknya kita sebagai pembuat atau Makernya. Kembali ke LAPTOP..Yuuk Belajar!!!

Lebih lanjut buka powerpoint rasa vb

3 Komentar

  1. perlu perbanyak mempelajari bahasa Visual Basic. 🙂

  2. Oh iya dong…belajar Visual Basic tp lebih mudah ko’ klo mau belajar hehehe “V” yg penting ada kemauan mengembangkan…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan komentar